Jumat, 31 Juli 2009

Mengenal Search Engine Optimazion

Oleh: Pupung Budi Purnama
Kian hari, kata “Search Engine Optimazion” atau disingkat SEO semakin sering kita dengar. Dalam era Web 2.0 ini, kata SEO seolah-olah sangat melekat, lalu apakah sebenarnya SEO itu?. Menurut Jennifer Grappone dan Gradiva Couzin dalam bukunya “SEO an hour a day” mendeskripsikan bahwa:
Search Engine Optimation adalah sekumpulan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh arus kunjungan dalam jumlah tertentu pada sebuah situs Web dari Search Engine.
Kegiatan diatas juga biasa disebut dengan Search Engine Marketing atau Search Marketing. Kegiatan yang dilakukan tentu saja dalam cakupan situs tersebut, termasuk mengubah konten atau kode HTML. Termasuk juga dengan mengkomunikasikan secara langsung dengan Search Engine atau dengan memperoleh arus kunjungan dari situs lain dengan meminta link Anda ditampilkan.
SEO bukan Advertising (iklan), walau hal tersebut mengandung komponen periklanan. SEO bukan juga Public Relation, walau hal tersebut menggunakan cara kerja seperti hubungan masyarakat, yang secara terus menerus turut mengembangkan online marketing.
Apa Saya Perlu SEO?
Kata diatas memang terdengar agak “bodoh”, tapi sebenarnya jawabannya tidak selalu “Ya”. Anda memang tidak memerlukan SEO bila:
Anda membuat website yang tidak ingin diketahui oleh orang luas. Misalnya, Anda membangun sebuah situs aplikasi kolaborasi proyek yang hanya perlu diketahui beberapa orang saja.
Situs Anda telah memiliki peringkat yang baik dan telah puas dengan hasilnya.
Langsung memetik hasil. Anda membuat sebuah situs dengan cepat, dan ingin medapatkan hasil SEO dengan cepat pula, lupakanlah SEO. Bukan berarti SEO tidak dapat membantu Anda, tapi SEO perlu waktu, dan perlu usaha terus menerus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
SEO memang terdengar rumit, namun dengan tujuan yang sederhana: memperoleh pengunjung yang diinginkan. Tips-tips seputar SEO akan anda dapatkan di situs ini, tunggu artikel berikutnya. (Pupung Budi Purnama)

0 komentar: